Asesmen Awal di Hari Kedua MPLS Espenda: Memetakan Potensi Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi

Selasa, 15 Juli 2025, hari kedua pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Espenda 2025, tidak hanya diwarnai dengan materi bela negara dan kesehatan remaja, tetapi juga dengan kegiatan krusial: asesmen literasi membaca, numerasi, dan asesmen awal non-kognitif. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan yang sangat strategis untuk mendukung proses pembelajaran para siswa baru di masa mendatang.
Asesmen literasi membaca dan numerasi dilakukan untuk mendapatkan gambaran awal mengenai tingkat kompetensi dasar (minimum) yang dimiliki oleh setiap siswa. Selain itu, MPLS kali ini juga mencakup pemetaan gaya belajar, dukungan belajar yang dibutuhkan, serta bakat dan minat siswa sebagai data awal non-kognitif. Informasi ini sangat berharga karena memberikan gambaran utuh tentang karakteristik unik setiap individu.
Seluruh data yang terkumpul dari asesmen ini akan menjadi pertimbangan utama bagi sekolah dan dewan guru dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan (diferensiasi) setiap siswa. Dengan pemahaman yang lebih mendalam mengenai profil awal murid, Espenda dapat menentukan capaian pembelajaran yang realistis dan mengembangkan strategi pengajaran yang paling efektif, memastikan setiap siswa mendapatkan dukungan optimal untuk meraih potensi terbaiknya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top